Ulasan Tentang Prinsip Kerja Motor 2 Langkah dan 4 Langkah

Prinsip Kerja Motor dua Langkah

1. Langkah isap dan kompresi

Piston beranjak ke atas. Ruang dibawah piston sebagai vakum/hampa udara, akibatnya udara dan adonan bahan bakar terisap masuk ke pada ruang dibawah piston. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah kompresi, sehingga udara dan adonan bahan bakar yg telah berada di ruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. Pada ketika 10-lima derajat sebelum TMA, busi memercikan bunga api, sebagai akibatnya adonan udara & bahan bakar yg sudah naik temperatur & tekanannya menjadi terbakar & meledak.

2. Langkah bisnis & buang

Hasil menurut pembakaran tadi menciptakan piston bergerak ke bawah. Pada saat piston terdorong ke bawah/bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar & naik ke ruang diatas piston melalui saluran bilas. Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong ke luar & keluar menuju saluran buang, kemudian menuju knalpot.

Langkah kerja ini terjadi berulang-ulang selama mesin hayati.

Keterangan : Pada saat piston berkiprah ke bawah, udara dan campuran bahan bakar yg berada di ruang bawah piston nir bisa keluar menuju saluran masuk, lantaran adanya reed valve.

Prinsip Kerja Motor 4 Langkah

1. Langkah isap

Piston beranjak berdasarkan TMA (titik mangkat atas) ke TMB (titik tewas bawah). Dalam langkah ini, campuran udara & bahan bakar diisap ke pada silinder. Katup isap terbuka sedangkan katup buang tertutup. Waktu piston beranjak ke bawah, menyebabkan ruang silinder menjadi vakum, masuknya campuran udara & bahan bakar ke pada silinder disebabkan adanya tekanan udara luar (atmospheric pressure).

2. Langkah kompresi

Piston bergerak menurut TMB ke TMA. Dalam langkah ini, adonan udara dan bahan bakar dikompresikan/dimampatkan. Katup isap & katup buang tertutup. Waktu torak mulai naik menurut titik meninggal bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) campuran udara & bahan bakar yang diisap tadi dikompresikan. Akibatnya tekanan & temperaturnya menjadi naik, sehingga akan mudah terbakar.

3. Langkah usaha

Piston berkecimpung berdasarkan TMA ke TMB. Dalam langkah ini, mesin membentuk energi buat menggerakan kendaraan. Sesaat sebelum torak mencapai TMA pada ketika langkah kompresi, busi memberi loncatan bunga barah pada adonan yg sudah dikompresikan. Dengan terjadinya pembakaran, kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang tinggi mendorong torak kebawah. Usaha ini yg sebagai energi mesin (engine power).

4. Langkah buang

Piston bergerak dari TMB ke TMA. Dalam langkah ini, gas yang terbakar dibuang dari dalam silinder.  Katup buang terbuka, piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas bekas pembakaran ke luar dari silinder.

Ketika torak mencapai TMA, akan mulai beranjak lagi buat persiapan berikutnya, yaitu langkah isap.

Ulasan Tentang Prinsip Kerja Motor 2 Langkah dan 4 Langkah  Ulasan Tentang Prinsip Kerja Motor 2 Langkah dan 4 Langkah Reviewed by Salwa on 14.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.