CARA MENGGANTI KANVAS REM

Pertama siapkan dulu indera-alatnya misalnya kunci sock angka 12 & obeng min. Buka 2 butir baut di pinggir kaliper rem, umumnya kaliper rem ini berwarna kuning emas :

buka 2 baut di kaliper rem depan

Lepaskan kaliper, nah ini dia kampas rem depan yg perlu diganti :

buka kaliper rem depan kampas rem depan

Lepaskan ke 2 kampas rem kiri dan kanan dengan openg min, cungkil sedikit-sedikit hingga terlepas dan sesudah itu pasang kampas rem baru kanan & kiri.

pasang kampas rem baru

Sekarang tinggal pasang lagi kaliper rem seperti semula dan kencangkan kedua baut kaliper. Sudah gitu doang Bro & Sis gampang kan?

Namun ada baiknya bracket kampas rem kita bersihkan dulu, selain itu sering kali cat di bracket ini terkelupas karena panas yang ditimbulkan dari gesekan kampas rem dan piringan cakram. Setelah braket kampas rem dibersihkan dan dikelupas cat yang rusak dan juga diampelas, Bro & Sis bisa mengecat ulang bracket kampas rem biar lebih kinclong dan setelah kering pasang braket kampas rem dan kaliper seperti semula :

bracket rem depan setelah dibuka

Oiya, untuk membuka braket kampas rem ini yang sebenarnya agak repot karena biasanya kunci pembukanya berbeda-beda, ada yang harus memakai kunci ‘L” atau kunci “Bintang” :

Sayangnya biasanya baut di antara bracket dan dudukannya di shockbreaker depan ini susah dibuka, mungkin penyebabnya karena panas atau memang baut jarang dibuka. Agar lebih mudah baiknya gunakan kunci sock dengan mata kunci L maupun kunci Bintang.

CARA MENGGANTI KANVAS REM CARA MENGGANTI KANVAS REM Reviewed by Salwa on 14.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.