CARA MEMBONGKAR CVT

Fungsi roller pada motor matic adalah buat menaruh tekanan keluar pada variator hingga memungkinkan variator bisa membuka & memberikan merubah lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor bisa bergerak. Kinerja variator ini sangat dipengaruhi oleh Roller, baik itu bentuk juga bahan roller, dan yg terpenting adalah berat menurut roller.

Bentuk roller yg baik harus lah berbentuk bulat, bentuk bulat & sempurna mempermudah pergerakan menurut variator, jika bentuknya telah tidak bulat, maka telah waktunya Anda membarui Roller motor matic Anda. Bahan yang dipergunakan umumnya terbuat dari bahan teflon lantaran sifatnya yang licin, keras, & tahan panas.

Untuk berukuran roller itu banyak macamnya sesuai jenis motor maticnya..

Motor &  Ukuran roller

Yamaha

Mio GT: 9,5 gram

Soul GT: 9,5 gram

Mio J:  9,5  gram

Mio Fino: 10 gram

Xeon RC :  9,5 gram

Mio Soul:  10,5 gram

Mio Sporty:  11 gram (2004-2006) 10,5 gram (2007)

Xeon: 10 gram

Nouvo:  11 gram

Honda

BeAT-FI:  9 gram

BeAT: 9 gram

Vario: 15 gram

Vario Techno:  15 gram

Vario: 15 gram

PCX: 18 gram

Suzuki

Hayate: 15 gram

Skydrive: 15 gram

Skywave: 15 gram, 12 gram (2010 ke atas)

Spin: 12 gram

nex: 10 gram

Namun jika motor anda ingin tarikanya lebih cepat di jalur drag lagi gunakan roller yang ukuran lebih kecil dari ukuran aslinya....

Jika ingin track jauh gunakan saja roller standar pabrik.

Untuk mengganti roller caranya cukup mudah buka rumah CVT dengan kunci T 10 mm dan T 8 mm, untuk buka puli penggerak cukup modal baut dan kunci 17 mm.

1. Buka baut pengunci rumah puli

Buka baut pengunci rumah puli pakai kunci 17 mm. Jangan lupa untuk mengganjal rumah puli agar tidak ikut berputar pakai baut 12 mm panjang 6,5 cm yang diletakan menghadap crank-case bagian atas.

2. Tarik keluar ring penganjal bushing

Lalu tarik keluar ring penganjal bushing rumah roller. Jangan lupa pasang lagi ketika proses ganti roller sudah selesai. Ingat, posisi pasangnya sesudah kipas puli bagian luar.

3. Cek kondisi roller

Setelah puli terbuka semua, cek kondisi roller. Jika aus atau lebih dikenal dengan istilah peyang, baiknya diganti baru.

untuk penggantian sebaiknya ganti semua roller jangan hanya satu atau dua saja

4. Pasang roller pengganti

Ketika meletakan roller pengganti, perhatikan juga posisinya. Buat roller rata (pakai satu ukuran berat), silakan taruh di got roller mana saja. Tetapi, kalau kombinasi, baiknya letakan roller yang lebih ringan di bagian depan sebelum roller berat. oh ya, posisi roller yang ringan ada di sebelah kiri dan roller berat di sebelah kanan.

5. Pasang lagi rumah roller

Pasang lagi rumah roller ke posisi semula. Hanya, proses pengerjaan kebalikan dari proses membuka.

6. Perhatikan kondisi ring pengganjal kipas

Jangan lupa perhatikan kondisi ring pengganjal kipas puli bagian luar. Pastikan setiap gigi ring mengunci rapat pada gigi as rumah roller. Kalau enggak pas, takutnya bisa menyebabkan kedua gigi termakan atau slek.5

7. Kencangkan baut pengunci rumah roller

Kencangkan baut pengunci rumah roller. Jangan lupa! Untuk menghentikan putaran, gunakan lagi baut pengganjal rumah roller. Kali ini, baut diposisikan menghadap crank-case bagian bawah.

CARA MEMBONGKAR CVT CARA MEMBONGKAR CVT Reviewed by Salwa on 22.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.