Cara Mengatasi Motor Yang Hilang Pengapian

Untuk dapat mendeteksi masalah pengapian pada sepeda motor perlu kesabaran dan ketelitian saat mengecek.

saya akan jelaskan satu persatu urutan pengecekan pengapian sepeda motor.

1.Cek pengapian sepul.

Posisi sepul sendiri terletak terletak di sebelah kiri bak mesin untuk semua sepeda motor yang mengunakan gigi tranmisi,Tapi untuk sepeda moto metik sepul itu sendiri teletak di sebelah kanan karena bak sebelah kiri metic di gunakan untuk ruangan belting.

lanjut...

kabel sepul itu ada 4 buah,kabel masa berwarna hijau,kabel pulser berwana kunig ,kabel pengapian lampu berwarna putih,

Kabel yang biasa di gunakan pengapian itu sendiri berwarna hitam bergaris merah,ada juga kabel yang berwara biru bergaris putih.

Untuk mengeceknya lepas semua soket yang menyambung,sambil diengkol engkol tempelkan kabel sepul satu persatu ke bak motor.

perhatian ! dari sepul harus ada dua api,api lampu dan api busi.

Setelah kita cek dua api tersebut tidak ada atau hanya salah satu yang ada berarti bisa dipastikan sepul rusak dan lakukan pergantian.namun  bila dua api tesebut ada berarti masalah bukan teletak di sepul, lanjut dengan menyambukan soket kembali keserti semula sambung sesuai dengan warna kabel misalnya hitam dengan hitam atau biru dengan biru.

2. Cek bagian kiprok.

kiprok berpungsi merubah arus sepul yang AC menjadi DC.

Cara pengecekan lihat kabel yang ada di CDI cek satu persatu kecuali hijau,cek satu persatu seperti biasa cara ngecek nya sambil di engkol engkol tempel kan satu persatu ke body motor.

pada saat pengecekan CDI soket CDI jangan di buka.

Nih penampakan CDI

Penting ! dari CDI harus ada 2 api, api masuk dan api keluar.

nah pengecekan KIPROK ini langsung denga CDI,namun apabila api yang ada di CDI haya satu artinya hanya kiprok yang bagus dan CDI mati.

kerusakan KIPROK ada dua jenis

a. Bocor atau sudah tidak bisa merubah arus sepul menjadi DC,ini ditandai semakin membesar dan tidak bisa mengecas batrai karna arusnya masih AC sementara batrai hanya bisa di cas dengan arus DC.

b. Tidak keluarnya arus sama sekali.

Nah kalau yang dua ini terjadi harap segera lakukan pergantian dengan yang baru dan bila ada unng harap gunakan suku cadang asli.tapi kalau tidak ada ap boleh buat secukupnya uang saja sambil berdoa ya allah kuat kan alat yang kubeli ini.

3. Cek bagian CDI

Tadi diatas sudah di jelaskan Kita ulang bila tidak ada api yang mengarah ke coil artinya CDI rusak dan tingal melakukan pergantian saja.

4. Cek COIL dan ini sangat mudah tingal cek api yang ada di busi bila tidak ada bisa di pastikan coil rusak dan tigal melakukan pergantian saja.

selamat mecoba dan silahkan bertanya.

Cara Mengatasi Motor Yang Hilang Pengapian Cara Mengatasi Motor Yang Hilang Pengapian  Reviewed by Salwa on 14.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.