Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Tidak

Tentunya pengendara motor akan emosi saat sepeda motor yang digunakan sehari-hari terkadang rusak dan terkadang mulus karena perkara pengapian motor kadang ada kadang nir. Salah satu penyebab pengapian hilang merupakan ketika mesin panas dan ada lagi waktu mesin agak dingin. Tetapi, masalah pengapian motor ini nir selalu karena kondisi suhu mesin.

Agak sulit bila kita mau menemukan kasus pengapian motor yg kadang-kadang terdapat & kadang hilang. Untuk mengatasinya, mendingan kita periksa bagian-bagian di bawah ini supaya solusinya sanggup ditemukan.

Kabel

Kabel mana yg mana ? Untuk mempermudah, kita harus terlebih dahulu mengetahui pengetahuan dasar mengenai sirkuit pengapian pada sepeda motor. Kita memahami bahwa pengapian CDI mempunyai 2 jenis sistem pengapian, yaitu pengapian CDI AC dan CDI DC.

Kita harus mengerti dasar-dasar menurut dua macam pengapian tersebut. Mari kita lihat diagram kabel pada bawah ini.

Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Tidak

Gambar di atas adalah diagram kabel pengapian AC CDI. Anda bisa menilik setiap set kabel berdasarkan melihat gambar diagram. Dengan memakai volt meter, atur volt meter pada posisi ohm, kemudian cari setiap ujung kabel yang Anda periksa, jangan lupa buat mengguncang kabel. Jika ketika kabel diguncang, jarum dari volt meter gerak dan nir, kemungkinan kabellah yg menyebabkan pengapian motor kadang-kadang terdapat & kadang hilang.

Koil

Komponen pengapian lain yang dapat Anda periksa adalah koil. Sebenarnya koil ini sporadis rusak, tetapi tidak terdapat salahnya mempelajari komponen ini. Apabila koil rusak, ada kemungkinan bahwa pengapian akan hilang saat suhu mesin panas.

Sipat besi (gulungan), pada temperatur tinggi akan memuai, sebagai akibatnya lapisan kumparan (gulungan) terpecah, & terjadilah interaksi singkat antara gulungan itu sendiri dan nir berfungsi. Pada saat dingin, gulungan akan kembali normal sehingga bisa bekerja meskipun nir paripurna.

Untuk pengecekan koil ini caranya relatif gampang, karena komponen ini adalah komponen terakhir dalam sistem pengapian sepeda motor. Ketika pengapian hilang, segera cabut kabel input koil (kabel output CDI), kemudian stater motor dan ditambah menggunakan menghubungkan kabel input koil ke mesin (massa baterai). Jika barah keluar, tandanya kumparan rusak.

CDI

Komponen CDI adalah komponen terpenting pada sistem pengapian, misalnya halnya koil. Kerusakan yg terjadi dalam CDI adalah korsleting atau pengapian jelek. Cara mempelajari CDI ini masih terkait dengan cara mengusut koil.

Apabila kabel input koil tidak terbakar, maka kemungkinan CDI rusak. Metode pemeriksaannya hampir sama, hanya saja kali ini yg perlu Anda periksa adalah kabel input / output CDI dari spull (apabila pengapian AC CDI) atau kabel output menurut kiprok (jika pengapian CDI adalah DC).

Apabila input CDI keluar percikan, maka mampu dipastikan bahwa CDI wajib diganti menggunakan yang baru sebagai akibatnya perkara pengapian yg terkadang terdapat kadang hilang sanggup diatasi.

Pulser

Pulser merupakan komponen yang berfungsi menjadi pengirim sinyal buat CDI. Komponen ini sanggup dibilang yang wajib Anda curigai ketika mengalami masalah pengapian yang terkadang hilang dan terdapat.

Tetapi umumnya, saat pengapian hilang, kondisi mesin sedang panas & pengapian akan normal balik waktu mesin menjadi dingin.

Kunci Kontak

Salah satu komponen pengapian yang terkadang sebagai penyebab masalah ini merupakan kunci hubungan yg terlepas atau ada komponen yang aus. Cara mengeceknya mampu menggunakan tespen buat mengecek apakah masih mengagumkan atau nir. Jika sudah rusak, segera ganti menggunakan yang baru.

Demikianlah fakta seputar pengapian motor hilang muncul, gampang-mudahana bisa menjadi solusi buat kita seluruh.

Sumber :

https://www.Masbengkel.Com/pengapian-motor-kadang-ada-kadang-hilang/

Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Tidak Pengapian Motor Kadang Ada Kadang Tidak Reviewed by Salwa on 14.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.