Ulasan Tentang Bubut Tirus

Ada banyak sekali metode buat membubut tirus. Berikut beberapa metode tadi:

1. Menggunakan Alat Potong Berbentuk Miring

Pembubutan tirus juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat potong lebar yang berbentuk miring. Kemiringan alat potong tersebut harus disesuaikan dengan kemiringan tirus yang akan dibuat. Pembubutan tirus dengan alat potong miring ini dapat digolongkan dalam pembubutan bentuk.

2. Memiringkan Eretan Atas

Eretan atas pada mesin cabut dapat diputar atau dimiringkan dengan mengendorkan mur pengikat pada eretan tersebut. Penyesuaian sudut kemiringan bisa dilakukan dengan berpedoman dalam skala sudut yang ada pada eretan atas. Penyesuaian kemiringan memakai skala sudut pada eretan atas tadi adalah penyesuaian secara kasar. Untuk penyesuaian kemiringan secara halus, anda bisa menggunakan indera ukur dial.

Metode pembubutan tirus dengan memiringkan eretan atas adalah metode yg paling gampang. Membubut tirus dengan metode ini juga bisa digunakan buat membuat tirus menggunakan sudut kemiringan yang besar . Namun penggunaan eretan atas mempunyai keterbatasan. Membubut tirus dengan eretan atas membentuk tirus yg pendek. Selain itu membubut dengan eretan atas tidak bisa dilakukan secara otomatis.

Tiga. Menggeser Kepala Lepas/Tailstock

Tailstock mesin cabut bisa digeser ke samping menggunakan jarak pergeseran yang sangat terbatas. Oleh karena itu pembubutan tirus dengan menggeser tailstock hanya menghasilkan tirus yg ramping (sudut kemiringan tirus tidak besar : 0?-20?).

X = Jarak pengeseran kepala lepas

D = Diameter tirus terbesar

d = Diameter tirus terkecil

L = Panjang benda kerja total

l = Panjang tirus yg dibubut (tirus efektif)

4. Menggunakan Taper Attachment (Taper Guide Bar)

Membubut tirus dengan memakai taper attachment tergolong dalam jenis pembubutan copy. Proses pembubutan tirus bisa terjadi menggunakan menghubungkan eretan melintang menggunakan taper attachment. Taper attachment yg terhubung menggunakan eretan melintang mengakibatkan pergeseran secara radial selama proses penyayatan memanjang (longitudinal). Pergeseran tersebut terjadi sinkron dengan kemiringan dari taper attachment. Sebelum membubut dengan taper attachment, pastikan baut penyesuaian dalam eretan melintang disesuaikan terlebih dahulu.

Metode pembubutan tirus dengan taper attachment memungkinkan kita untuk membuat tirus dengan rasio 1 : 5 atau dengan besar sudut tirus sekitar 20°. Proses penyayatan pada metode ini juga menggunakan eretan memanjang, sehingga proses penyayatannya dapat dilakukan secara otomatis.

Ulasan Tentang Bubut Tirus  Ulasan Tentang Bubut Tirus Reviewed by Salwa on 22.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.