CARA MENYERVIS MOTOR

Dua. Aki Yak, aki merupakan komponen sangat penting yg sering disepelekan. Aki sebagai vital pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Apabila aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu pula sistem kelistrikan, lampu akan sebagai nir terperinci, klakson kurang nyaring dll. Tips krusial merawat aki: ? Cek ketinggian air. Apabila kurang, masukkan air aki. ? Cek tegangan, apakah pada atas 12Volt. Apabila jauh pada bawah 12V, harus disetrum. ? Pada pagi hari, gunakan kick starter agar aki terisi listrik. JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari tiga dtk tanpa jeda! & JANGAN pencet lebih berdasarkan tiga kali jika memang mesin tak mau nyala. Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali.

3. BUSI Busi adalah piranti krusial juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Apabila mesin batuk, tersendat, coba dicek kondisi busi. ? Bersihkan busi menurut kotoran & kerak yang menempel menggunakan bensin. ? Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm. ? Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah. Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini memberitahuakn pembakaran yg baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal. ? Cek percikan api, apakah masih akbar atau tidak. Caranya, pasangkan busi dalam chop busi, lalu dekatkan ke blok mesin, lalu engkol kick starter atau pencet electric starter, jika masih memercik berarti masih relatif baik.

4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (suntik/EFI) Yak inilah bagian yang mensugesti performa motor, jikalau piranti pencampur & pengabut udara & bakar ini kotor, maka mesin tidak maksimal . BERSIHKAN jika kotor, bila tidak mau repot membuka2, semprotkan saja CARBURATOR CLEANER ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya & gantilah bila sudah terlihat lama dan nir mampu dibersihkan.

5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket). Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai: – Jika rantai kendor, kencangkanlah. – Jika rantai terlalu kencang, kendurkanlah. – Jika rantai kering, lumasi. – Jika rantai sudah tidak bisa disetel (jika diputar ada yang kencang ada yang kendur), rantai berisik dan gear sudah tajam, maka perlu segera diganti.  Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.

CARA MENYERVIS MOTOR CARA MENYERVIS MOTOR Reviewed by Salwa on 06.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.