Ulasan Tentang Jenis jenis Mesin Gerinda

Berdasarkan output operasi penggerindaan, mesin gerinda dikelompokkan atas :

A. Mesin gerinda datar/surface grinding machine

Mesin gerinda datar adalah mesin gerinda dengan teknik penggerindaan mengacu pada pembuatan bentuk datar, bentuk, dan permukaan yang tidak rata pada sebuah benda kerja yang berada di bawah batu gerinda yang berputar. Pada umumnya mesin ini di gunakan untuk menggerinda permukaan yang meja mesinnya bergerak horizontal bolak-balik. Meja ini dapat diopersikan manual maupun otomatis. Pencekaman benda kerja dengan cara diikat pada kotak meja magnetik.

Menurut sumbunya, mesin ini dibagi sebagai 4 jenis, yaitu:

  • Mesin gerinda datar horizontal dengan gerakan meja bolak-balik (Horizontal spindle reciprocating table). Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata dan menyudut.

  • Mesin gerinda datar horizontal dengan gerakan meja berputar (Horizontal spindle rotating table). Mesin jenis ini digunakan untuk menggerinda permukaan rata poros.

  • Mesin gerinda datar vertikal dengan gerakan meja bolak-balik (Vertical spindle reciprocating table). Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan rata dan lebar serta menyudut.

  • Mesin gerinda datar vertikal dengan meja berputar(Vertical spindle rotating table), fungsi mesin ini sama dengan mesin gerinda datar horizontal meja bolak-balik.

Adalah jenis mesin gerinda dengan benda kerja yang mampu di kerjakan adalah benda menggunakan bentuk silinder. Jenis mesin ini dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

  • Mesin gerinda silindris luar

  • Mesin gerinda silindris dalam

  • Mesin gerinda silindris universal

  • Mesin gerinda silindris luar tanpa senter

C. Mesin gerinda alat pangkas / cutting tool grinding machine

Mesin ini hanya digunakan buat pekerjaan presisi, yaitu menajamkan (mengasah) banyak sekali jenis cutting tool seperti mata pahat bubut, mata bor, dan lain-lain. Juga dipakai memperhalus (finishing) bentuk silinder, taper, internal, & surface menurut benda kerja yg mengharuskan ketelitian. Mesin gerinda ini dibagi sebagai dua, yaitu :

  1. Mesin gerinda buat pengasahan perkakas potong misalnya pisau frais, reamer, dan sejenisnya.

Perlengkapan mesinnya buat pengasahan dapat diputa-putar atau digeser sesuai dengan bentuk benda kerja yang diasah. Batu gerinda pada ketika pengasahan digerakkan menggunakan tangan melalui handelnya secara bolak-kembali. Benda kerjaq diputar menggunakan tangan melalui perlengkapan penjepitnya.

  1. Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas potong seperti pahat potong mesin  bubut dan pengasahan mata bor. Benda kerjanya didorong ke arah batu gerinda yang berputar. Mesinnya tidak mempunyai meja, diganti dengan perlengkapan lainyang dapat digeser derajatnya sesuai dengan sudut-sudut pada benda kerja yang diasah.

Berdasarkan konstruksinya, mesin gerinda dikelompokkan menjadi :

A. Mesin gerinda berdiri

Mesin gerinda berdiri adalah mesin gerinda yang terpasang pada kakinya yang tinggi. Mesin gerinda ini jua dianggap menggunakan mesin gerinda lantai, karena diletakkan langsung dalam lantai.

B. Mesin gerinda duduk ( bench grinder)

Mesin gerinda duduk adalah mesin gerinda yg pemasangannya menggunakan cara diikat menggunakan baut pada meja kerja. Mesin gerinda ini dipakai buat mengasah perkakas pangkas ukuran mini misalnya mata bor, pahat dingin/pahat tangan, pahat bubut, dan pahat sekrap serta buat penggerindaan benda kerja dengan pengurangan bahan yg mini . Batu gerinda dipasang pada ke 2 ujung poros & digerakkan menggunakan motor listrik atau tangan, dimana dalam poros sebelah kanan dipasang batu gerinda halus. Hal ini dimaksudkan supaya mesin gerinda ini memiliki dua kegunaan, yaitu sebagai pemotong benda kerja dengan batu gerinda kasar dan menjadi pengasah perkakas potong menggunakan batu gerinda halus.

C. Mesin gerinda tangan

Mesin gerinda ini adalah jenis mesin gerinda dimana gaya penggeraknya diteruskan menurut engkol ke roda gerinda melalui transmisi roda gigi. Mesin gerinda ini adalah mesin yang serba guna lantaran dapat digunakan buat menggerinda atau memotong benda logam, kayu, bahan bangunan, kaca & pula bisa digunakan buat memoles kendaraan beroda empat.

D. Mesin gerinda horizontal

Mesin gerinda ini digunakan buat menggerinda benda kerja menggunakan bidang rata. Benda kerja dijepit dalam meja yg dapat beranjak lurus bolak-balik secara otomatis atau menggunakan gerakan tangan. Roda gerinda dapat digerakkan melintang meja & naik turun.

Ulasan Tentang Jenis jenis Mesin Gerinda  Ulasan Tentang Jenis jenis Mesin Gerinda Reviewed by Salwa on 06.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.