CARA MERAWAT MOTOR

Tips Merawat Motor

Setidaknya ada 8 tips merawat motor yang harus anda lakukan agar motor kinclong dan awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

 1. Servis Rutin

Kalau tips ini tampaknya anda seluruh telah paham. Semua kendaraan bermotor haram hukumnya bila nir melakukan servis secara rutin. Servis rutin usahakan dilakukan dalam setiap motor. Baik itu motor yang serih dipakai buat berpergian, ataupun motor yang jarang sekali dipakai.

Biasanya pabrik memberikan rekomendasi servis ruyin motor anda. Dan umumnya servis rutin dilakukan pada range kilometer tertentu, seperti kelipatan 500 atau kelipatan 1000. Tetapi, terdapat jua yg menduga lebih baik melakukan servis rutin pada hitungan bulan. Servis rutin mampu dilakukan di bengkel resmi, ataupun bengkel biasa. Yang terpenting merupakan waktu servis rutin, pastikan montir membersihkan dan menyetel ulang karburator atau injektor, menilik rem, gas, kopling, dan cek busi. Biasanya dalam servis rutin nir terlalu banyak melakukan penggantian part, cukup membayar jasanya saja. Pastikan montir melakukan servis dengan baik & tidak ada kesalahan dalam melakukan servis.

2. Cuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Tips berikutnya nir berpengaruh ke performa meain atau perangkat elektronika motor, namun menaruh impak yang sangat besar dalam melakukan perawatan motor anda. Cucilah motor anda, terutama sesudah terkena air hujan. Apabila nir sempat mencuci, cukup semprot saja motor anda dengab air bersih. Kandungan asam yang masih ada pada air hujan dapat mengakibatkan proses oksidasi & akan mengakibatkan titik titik zat oksidasi dalam bagian-bagian yg terbuat berdasarkan besi. Selain itu, air hujan juga dapat menyebabkan bekas-bekas jamur di body motor anda.

Selain lantaran hujan, anda pula harus mencuci motor anda waktu motor anda kotor karena lumpur atau tanah. Lumpur atau tanah yang menempel dalam motor anda bisa menghambat pekerjaan menurut part-part bergerak dalam motor anda, misalnya rantai, roda, dan cakram. Mencuci motor, selain buat membersihkan motor darinkotoran & jamur, pula akan menaikkan penampilan motor anda, dan akan menampakan bahwa anda memang merawat motor anda dengan baik.

 3. Cek Kondisi Air Aki

Bagi yg motornya memakai aki basah, hal ini harus hukumnya buat dilakukan. Elemen pada aki basah membutuhkan cairan yg biasa kita sebut air aki agar bisa berfungsi normal. Air aki akan berkurang seiring menggunakan penggunaan beban elektrikal dalam motor anda. Jika anda tidak pernah mengecek ketinggian air aki, maka waktu air aki habis, aki anda akan nir berfungsi menggunakan normal.

Ketika air aki telah terlihat berada pada dawah batas normal, segeralah beli air aki yang pada bengkel-bengkel terdekat. Begitu telah menerima air aki, eksklusif tuang air aki tadi. Namun perlu diingat, gunakanlah sarung tangan karet, & jangan sampai air aki tumpah. Hal ini sangat berbahaya, lantaran air aki mempunyai sifat korosif dan keras.

4. Cek Kekencangan Baut dan Ketegangan Rantai

Next, anda wajib mengecek syarat baut-baut pada motor anda. Periksa apakah masih ada baut-baut yang kendor. Baut yang kendor akan sangat membahayakan diri anda & orang lain. Coba bayangkan jika baut roda motor anda kendor, dan tiba-tiba terlepas waktu anda sedang melaju kencang. Mengerikan bukan? Jadi, jangan pernah meremehkan baut. Selain itu usahakan ganti jua baut yg berkarat, agar nantinya tidak bikin capek waktu akan membongkar motor.

Selain baut, yang kendor juga dapat terjadi dalam rantai. Rantai yg kendor akan mengeluarkan suara uang sangat menggangu. Usahakan setelan rantai tidak terlalu kendor, dan jangan pula terlalu tegang. Rantai yang terlalu tegang berpontensi buat lebih cepat aus dan putus.

5. Gunakan Bahan Bakar Sesuai Dengan Rekomendasi Pabrik

Perlu diingat, semua kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar  agar dapat berjalan. Nah, untuk motor yang beredar di Indonesia, terdapat 3 pilihan jenis bahan bakar yang ditawarkan. Ada jenis RON atau Real Octane Number 89, 92, dan 95. Ketiga jenis bahan bakar ini adalah yang paling sering dan umum digunakan pada motor-motor di Indonesia. Lalu, pilih yang mana untuk motor anda? Secara teori, pemilihan bahan bakar haruslah disesuaikan dengan tingkat kompresi dari kendaraan anda. Yingkat kompresi beragam, dan berbeda tiap motor. Motor dengan CC besar, belum tentu memiliki nilai kompresi yang tinggi pula. Begitupun sebaliknya. Namun agar anda tidak bingung dalam memilih jenis bahan bakar, anda dapat memilih bahan bakar sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan.  Hal ini dapat dilakukan karena pabrik sudah memahami dan memperhitungkan secara matang nilai RON terbaik yang dapat memberikan performa terbaik bagi motor anda.

6. Ganti Pelumas Sesuai Rekomendasi Secara Rutin

Selain merekomendasikan nilai RON yg cocok buat kendaraan anda, umumnya orisinil pabrik pula merekomendasikan oli atau pelumas yg cocok bagi motor anda. Tidak perlu repot, anda relatif membeli pelumas atau oli yg di beri label sesuai merk motor anda. Gantilah oli secara rutin. Pengganyian oli atau prlimas ini sifatnya nisbi, tergantung penggunaan sehari-hari. Tetapi terdapat baiknya anda mrngganti oli mesin anda tidak lebih berdasarkan tiga bulan sekali supaya bahian mesin bisa terlumasi secara optimal.

Apabila anda ingin mencoba brand pelumas lain, maka anda juga wajib memperhatikan nilai SAE dari pelumas. Usahakan anda menggunakan pelumas dengan nilai SAE yg nir tidak selaras jauh berdasarkan rekomendasi pabrik. Selain itu cobalah anda mencari surat keterangan merk pelumas menggunakan kualitas yang baik. Jangan terpesona harga pelumas yg murah. Namun belum tentu jua pelumas dengan harga tinggi cocok pada mesin motor anda. Sesuaikan pelumas yang anda gunakan menggunakan spesifikasi yang direkomendasikan pabrik.

7. Selalu Gunakan Spare Part Original atau Dengan Kualitas Lebih Baik

Ini adalah hal yg penting bagi perawatan motor anda. Selalu pakai sparepart original menurut pabrik sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda. Tetapi, jika anda rasa spare part original dirasa kurang kualitasnya, anda bisa membeli spare part lain,menggunakan kualitas yg jauh lebih baik berdasarkan spare part original. Dan umumnya harganya pun lebih mahal daripada spare part original.

Jika sudah saatnya anda melakukan penggantian spare part, segeralah merubahnya, & jangan menahan-nunda. Apabila anda menahan dalam mengganti spare part tersebut, maka dikhawatirkan, akan menghipnotis kondisi spare part lainnya.

Dan yg paling penting adalah, sebaiknya buat tidak membeli spare part menggunakan kualitas rendah. Walaupun memiliki range harga yang relatif murah, tetapi spare part ini mempunyai usia yg lebih singkat. Gunakanlah selalu prinsip always original supaya performa motor anda tetap prima & menyenangkan buat dikendarai.

Penting tentang suku cadang

8. Hindari Membawa Beban yg Berlebihan

Sudah sebagai rahasia generik apabila motor di Indonesia banyak dipakai sebagai kendaraan operasional dalam membawa barang. Anda niscaya telah sering melihat motor baku yang bukan dikhususkan buat membawa barang, digunakan buat membawa beban hiperbola, seperti tabung gas elpiji. Walaupun dalam awalnya nir akan terasa impak buruknya, tetapi lama kelamaan, motor anda akan mengalami perkara, terutama dalam bagian shock breaker & roda. Akan terjadi penurunan fungsi yang drastis saat motor anda sering digunakan buat menhangkut beban yang berlebihan.

Usahakan anda  membawa beban sesuai dengan batas beban maksimum yang direkomendasikan oleh pabrik. Biasanya beban maksimum ini tertera pada sebuah stiker, yang ditempel di bagian depan motor, bersamaan dengan tekanan angin ban yang dianjurkan. Motor pada dasarnya digunakan untuk transportasi, bukan untuk membawa barang-barang dengan berat yang berlebihan. Jadi cobalah untuk merawat motor anda, dengan memperhitungkan beban maksimum yang mampu diterima motor anda.

Itu merupakan beberapa tips yg bisa Anda lakukan dalam merawat motor anda. Apabila anda dapat merawat motor anda dengan baik, maka motor anda akan selalu berada dalam level performa yang optimal dan nyaman digunakan.

CARA MERAWAT MOTOR CARA MERAWAT MOTOR Reviewed by Salwa on 14.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.